Ketika Kadar Kolesterol Tinggi



Ketika Kadar Kolesterol Tinggi – Kolesterol sebenarnya juga dibutuhkan oleh tubuh kita yang berguna sebagai sumber energi, membentuk dinding sel-sel dalam tubuh, dan sebagai bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid tetapi apabila kadar kolesterol melebihi ambang batas normal maka akan menjadi masalah bagi kesehatan terutama jantung. Secara umum Kolesterol dibagi menjadi  2, yaitu HDL dan LDL. HDL (High Density Lipoprotein) adalah kolesterol baik sedangkan LDL (Low Density Lipoprotein) adalah kolesterol jahat yang jika terlalu banyak terdapat dalam tubuh, maka akan sangat berbahaya bagi tubuh kita. Sebaiknya Kadar kolesterol diperiksakan secara rutin untuk memantau kondisi kesehatan secara keseluruhan. Namun selain melalui pemeriksaan darah, sebenarnya ada tanda-tanda fisik yang dapat dicermati untuk mendeteksi tingginya kadar kolesterol total dalam darah sehingga akan terjadi hal-hal sebagai berikut :

1. Sering pusing di kepala bagian belakang
Pusing di belakang kepala disebabkan oleh adanya penyumbatan pembuluh darah di sekitar kepala. Kolesterol yang telah membentuk plak di pembuluh darah dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan. Bila dibiarkan maka pembuluh darah bisa pecah dan menyebabkan stroke

2. Tengkuk dan pundak pegal
Aliran darah yang tidak lancar pada pembuluh darah dapat mengakibatkan pegal-pegal di tengkuk dan pundak. Aliran darah yang tidak lancar juga diakibatkan adanya penyumbatan pembuluh darah yang disebabkan kolesterol.

3. Tangan dan kaki sering pegal
Menumpuknya kolesterol juga mengakibatkan  pembuluh darah di tangan dan kaki tersumbat. Akibatnya, tangan dan kaki sering mengalami pegal meski tidak melakukan kegiatan yang berat.

4. Tangan dan kaki sering kesemutan
Penyebab munculnya kesemutan hampir sama dengan munculnya rasa pegal, yakni aliran darah yang tidak lancar di bagian tubuh tertentu. Kesemutan berhubungan dengan saraf yang tidak mendapat aliran darah.

5. Dada sebelah kiri seperti tertusuk
Dada sebelah kiri berhubungan dengan organ jantung. Bila pembuluh darah di sekitar jantung tersumbat maka bisa menyebabkan rasa nyeri seperti ditusuk. Bahkan nyeri bisa menyebar sampai ke daerah leher. Nyeri dada juga bisa menjadi tanda-tanda dari serangan jantung.


Cara Menurunkan Kolesterol

Kalau tanda-tanda seperti diatas sudah terasa dan hasil pemeriksaan kadar kolesterol melebihi amabang batas normal maka harus ada upaya untuk menurunkan kadar kolesterol tersebut supaya tidak berakibat lebih fatal dikemudian hari dengan cara sebagai berikut :

1. Cara menurunkan kolesterol dengan makanan
Pola makan yang sehat dan berimbang merupakan obat yang paling aman untuk mengobati segala penyakit, karena sebagian penyakit dalam bermula dari apa yang biasanya kita makan setiap harinya dengan :
  • Kurangi makanan-makanan berlemak yang berpotensi kolesterol tinggi seperti otak, cumi-cumi, jeroan, kuning telur, mentega, cokelat, belut, kerang, udang, kepiting, dan sosis.
  • Perbanyaklah makanan yang banyak mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan, terutama buah yang berwarna hijau.
  • Jika makan daging makanlah daging tanpa kulit dan gajih.
2. Cara menurunkan kolesterol dengan olahraga
Olahraga merupakan pendamping dari makanan sehat. Kombinasi dari kedua cara ini sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sempatkanlah meskipun sebentar yang penting rutin setiap hari. Pilihan olahraga tergantung pada kondisi dan kemampuan. Setiap orang memiliki kondisi dan kemampuan yang berbeda.

3. Cara menurunkan kolesterol dengan obat
Obat merupakan cara terakhir jika kolesterol sudah terlalu parah dan tidak bisa ditoleransi lagi. Silahkan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan untuk masalah ini, karena setiap orang memiliki kondisi berbeda.

Itulah beberapa cara untuk munurunkan kolesterol. Perlu diingat bahwa penyakit kolesterol diakibatkan dari makanan yang kita makan sehari-hari. Untuk itu, bagi anda yang masih muda sebelum terlambat, mulailah gaya hidup sehat agar tidak menyesal dan bingung untuk mencari cara menurunkan kolesterol suatu saat nanti.

www.awanputih43.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...