Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Strawberry



Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Strawberry - Strowberry (Fragaria yang berasal dari kata Fragrance atau aroma) buah kecil dan berwarna merah merekah ini, memang biasa jadi buah favorit remaja wanita . Bahkan tak jarang pernak pernik yang berbentuk buah strowberry mereka jadikan sebagai ikon andalan. Buah Strawberry ini pertama kali ditemukan di negara Chili, Amerika. Salah satu spesiesnya yang terkenal adalah Fragaria Chilioensis L yang menyebar ke berbagai belahan dunia seperti Amerika, Eropa, dan Asia. Selain itu ada spesies F Vesca L yang lebih luas lagi penyebarannya dan jenis strawberry inilah yang pertama kali masuk ke Indonesia. Kebun strowberry di indonesia sendiri sangat mudah di temui di daerah jawa barat seperti di Lembang dan ciwidey yang dijadikan objek wisata. Buah berwarna merah cerah ini selain menyegarkan tenyata buah ini juga mengandung elagik yang dapat mengurangi resiko berkembangnya kanker. kandungan kalium dalam strowberry merupakan mineral yang dapat mengendalikan tekanan darah tinggi, selain itu buah ini banyak mengandung zat besi yang berfungsi untuk memproduksi sel darah merah. Perempuan lebih banyak membutuhkan zat besi sehingga lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi jus strawberry secara rutin.

Kandungan Nutrisi / Gizi Strawberry

Satu cangkir (144 g) stroberi mengandung sekitar 45 kalori (188 kJ) dan merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C dan flavonoid.

Kategori  1 Unit  cangkir (144 g)

    Air 132 g
    ­Energi 43 kkal
    ­Energi 181 Kj
    ­Protein 0,88
    ­Total lipid (lemak) 0,53
    ­Karbohidrat, dengan perbedaan 10.1
    ­Serat, diet total 3,3
    ­Ash 0,62

Dalam Miligram

    Mineral Kalsium 20 mg
    Besi 0,55
    14 Magnesium
    27 Fosfor
    Kalium 240
    Natrium 1,44
    Seng 0,19
    Tembaga 0,07
    Mangan 0,42

Manfaat Buah Strawberry Untuk Kesehatan

  • Strawberry berkhasiat meningkatkan kekuatan otak dan menjaga penglihatan tetap jernih. Manfaat itu bisa didapat jika Anda secara rutin mengonsumsi stroberi, paling tidak satu sampai tiga cangkir.
  • Strawberry bisa dijadikan sebagai obat jerawat alami, karena buah ini banyak mengandung asam salisilat yang umumnya dikandung oleh sebagian besar obat jerawat yang dijual di pasaran. Caranya: haluskan buah stoberi, campurkan dengan sedikit yogurth, oleskan di wajah, diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Menguyah stroberi setiap hari juga berguna untuk memutihkan gigi dan menghilangkan bau mulut. Cara lainnya dengan menghancurkan buah stroberi, kemudian dengan menggunakan jari, tempelkan pada gigi kemudian biarkan selama satu atau dua menit. Setelah itu gosok dengan sikat gigi secara menyeluruh. Untuk menghindari munculnya warna kuning pada gigi.
  • Kendungan stroberi juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit tubuh, karena mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya: berendamlah dalam potongan buah stroberi, campuran susu dan minyak zaitun. Gosokkan ke seluruh tubuh Anda. Jika rutin dilakukan kulit akan menjadi lebih halus, tidak kusam, dan tumit kaki tidak akan pecah-pecah.
  • Khasiat menakjubkan berikutnya dari makan buah strawberry adalah kemampuannya dalam meregulasi tekanan darah. Sehingga mengonsumsi buah strawberry secara rutin sama dengan berusaha menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.
  • Strawberry  juga mengandung asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil demi menjaga perkembangan otak janin dalam rahim. Asam folat juga berkhasiat mencegah bayi lahir cacat.



Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...