Penerimaan CPNS 2013


Pendaftaran CPNS 2013 direncanakan akan dibuka bulan Juni tahun ini. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PAN RB) telah memulai tahapan pendataan dan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013 sejak Juni 2012, atau lima bulan sebelum batas akhir pencabutan moratorium.

Kuota yang disediakan ada sebanyak 60.000 formasi. Dari jumlah ini 20.000 formasi untuk CPNS pusat dan 40.000 formasi untuk CPNS daerah.
Dari jumlah formasi CPNS 2013 diatas, jurusan atau bidang yang menjadi prioritas lowongan adalah untuk formasi tenaga guru, tenaga kesehatan dan penyuluh. Sedangkan untuk tenaga administrasi jumlah lowongan dikurangi karena adanya kebijakan zero growth. Namun meskipun secara nasional kebijakannya zero growth, namun secara instansional akan ditempuih dengan tiga pola, yakni minus growth, zero growth, dan growth.

Minus growth diterapkan bagi instansi yang berdasarkan hasil analisa beban kerja (ABK) jumlah pegawainya sudah kelebihan, anggaran belanja pegawai lebh dari 50 persen APBD (untuk kabupaten/kota), dan bagi provinsi yang rasio belanja pegawainya lebih dari 30 persen APBD.

Sedangkan zero growth, diterapkan untuk instansi yang jumlah pegawainya cukup, rasio anggaran belanja pegawai antara 40 – 50 persen dari APBD (kab/kota), dan 25 – 30 persn (provinsi).
Selain itu untuk instansi tertentu pada penerimaan CPNS 2013 akan menerapkan ujian CPNS dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Yaitu ujian yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu komputer. Instansi pusat dan beberapa pemerintah provinsi dipastikan akan menerapkan sistem CAT CPNS  ini.
Pelaksanaaan ujian sendiri akan dilaksanakan sekitar bulan Agustus sampai Oktober dan pengumuman hasil ujian CPNS 2013 test kompetensi dasar (TKD) akan dilaksanakan bulan November hingga Desember 2013.
Data ini dikumpulkan dari berbagai sumber seperti diberitakan beberapa media. Untuk kepastiannya secara resmi akan diumumkan oleh Kemenpan RB selaku koordinator rekrutment CPNS.

Penerimaan CPNS masih dibatasi untuk tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, tenaga teknis dan jabatan-jabatan tertentu yang benar-benar dibutuhkan oleh organisasi. Misalnya tenaga penyuluh pertanian, yang memang dibutuhkan dalam meningkatkan hasil pertanian, seperti beras, jagung, dan lain-lain.
Dalam kesempatan terpisah Plt. Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Tasdik Kinanto mengatakan, penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan merupakan salah satu prioritas dalam rekrutmen CPNS tahun 2013 ini sebagaimana diberitakan pada situs Kemenpan RB (21/2).


Tasdik Kinanto yang juga Sekretaris Kementerian PAN-Rb menambahkan, instansi yang tidak memiliki tenaga honorer kategori 1 maupun kategori 2 juga menjadi pertimbangan. Selain itu, dipertimbangkan juga rasio jumlah pegawai dengan jumlah penduduk, luas wilayah, kekurangan pegawai serta prioritas jabatan.

Terkait dengan rekrutmen penyuluh pertanian, penyuluh kehutanan, dan penyuluh perikanan, Tasdik menekankan perlunya dilakukan penghitungan kebutuhan yang konkret. “Sandingkan data kebutuhan penyuluh dibandingkan dengan penyuluh yang sudah ada, baik dari segi jumlah dan kompetensi yang ada,” ujarnya ketika menjadi pembicara dalam rakernas APKASI dan PERHIPTANI di Jakarta, Rabu (20/02).

Prioritas Penerimaan CPNS 2013


Berikut ini adalah formasi jurusan yang menjadi prioritas penerimaan CPNS 2013, dengan catatan jurusan lain tetap diterima tetapi dengan jumlah yang tidak signifikan.

Prioritas Jurusan dan Jabatan Untuk Instansi Pusat

  • Guru (guru kelas dan guru produktif)
  • Dosen (eksakta dan teknik)
  • Jabatan yang berperan sebagai pelaksana utama (core business) fungsi instansi
  • Jabatan untuk memenuhi standar internasional

Prioritas Jurusan dan Jabatan Untuk Instansi Daerah

  • Tenaga Guru (guru kelas dan guru produktif)
  • Tenaga medis dan paramedis
  • Jabatan yang mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat (pro growth)
  • Jabatan yang berperan menciptakan lapangan kerja (pro job)
  • Jabatan yang menciptakan pengurangan kemiskinan (pro poor)
  • Jabatan yang berperan dalam pengendalian pertmbuhan penduduk

Agenda dan Jadwal Penerimaan CPNS 2013


Terkait jadwal penerimaan CPNS 2013 berikut ini adalah tabel Agenda dan Jadwal Penerimaan CPNS 2013. Isinya CASN Media rangkum dari berbagai sumber yang terpercaya.


No.Agenda dan KegiatanRencana Jadwal Pelaksanaan
1Penyampaian usulan formasi CPNS 2013 dari instansi pusat dan daerahSejak Juni 2012
2Pembuatan dan Penyusunan Soal UjianMulai Mei 2013
3Pencetakan Soal CPNS dan Lembar Jawaban Komputer (LJK) (untuk instansi yang belum menerapkan sistem CAT)Mulai Agustus 2013
4Pendaftaran CPNS 2013 dan seleksi administrasi/berkasJuni – Juli 2013
5Pelaksanaan ujian CPNS 2013Agustus – Oktober 2013
6Pengumuman hasil ujian CPNS 2013November – Desember 2013
7Penyerahan SK CPNS bagi peserta yang lulusJanuari 2014

 Data : Dirangkum dari berbagai Sumber
 
Jadi jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah dengan belajar dan melakukan persiapan mantap.

Mudah-mudahan info ini bermanfaat ... jangan lupa like-nya ...

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...