Cara Cek Saldo Tabungan Perumahan (Bapertarum) Bagi PNS



Cara Cek Saldo Tabungan Perumahan (Bapertarum) Bagi PNS - Seorang PNS termasuk didalamnya guru wajib membayar iuran tabungan perumahan (Taperum) dalam bentuk pemotongan gaji yang dilakukan secara rutin setiap bulannya. Iuran taperum ini dikelola oleh Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (Bapertarum). Hal ini sesuai dengan peraturan presiden (Perpres) Nomor 46 tahun 1994 bahwa mulai 1 Januari 1993, setiap PNS diwajibkan membayar iuran taperum dari gajinya setiap bulan. Besaran iuran ini berbeda-beda sesuai dengan golongan PNS, yaitu sebesar Rp 3.000 (Golongan I), Rp 5.000 (Golongan II), Rp 7.000 (Golongan III), dan Rp 10.000 (Golongan IV).

Taperum ini dikelola oleh Bapertarum dalam rangka membantu PNS untuk memiliki rumah sendiri. Meskipun jumlahnya tidak terlalu besar, namun karena iuran ini dipotong dari gaji bulanan PNS, tentu kita penasaran untuk  mengetahui berapa jumlah saldo iuran Taperum yang telah terkumpul. Pada tanggal 27 Januari 2014 yang lalu, Bapertarum telah meluncurkan fasilitas layanan akun individu atau individual account Taperum bagi para PNS. Fasilitas tersebut akan mempermudah para PNS untuk mengakses jumlah Taperum yang dimiliki secara online.


Cara Cek Saldo Taperum :

1. Buka  http://bapertarum-pns.co.id/ sehingga tampil halaman depan bapertarum.

2. Klik menu Akun Individu sehingga ditampilkan halaman Login seperti gambar berikut ini :

Isilah NIP dengan Nomor Induk Pegawai (NIP). Adapun password merupakan pangkat golongan PNS ketika pertama kali diangkat. Diisi dengan kombinasi golongan dan ruang yang diubah menjadi angka. Misalnya golongan II/a, passwordnya 21. Golongan II/b, passwordnya 22. Golongan III/c, passwordnya 33. Golongan IV/d, passwordnya 44. Jadi ruang a, b, c, d diubah menjadi 1, 2, 3 atau 4. Dan gololngan I, II, III, IV diubah menjadi 1, 2, 3 dan 4.

3. Lalu klik Login sehingga tampil halaman akun individu sebagai berikut :


 Kalau cara diatas mengalami kesulitan anda bisa Cek Saldo Taperum melalui  SMS :


Caranya Ketik SLD spasi NIP spasi PASSWORD. Password adalah dua angka golongan awal masuk menjadi PNS dan ditambahkan dua angka nol, dikirim ke nomor HP 0812 1900 6000 contohnya SLD 197211052006041003 3100.

Demikian semoga dapat membantu …

www.awanputih43.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...