Khasiat Daun Sirsak dan Buah Sirsak


Khasiat Daun Sirsak dan Buah Sirsak
Khasiat Daun Sirsak dan Buah Sirsak bagi pengobatan sangatlah besar. Akan tetapi tidak semua orang menyadari mengenai kelebihan buah yang berkulit duri ini. Sehingga tidak banyak orang yang mengkonsumsi buah maupun daun sisrak untuk dijadikan sebagai pengobatan. Padahal sirsak sangat berguna untuk mengobati beberapa penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat.

Buah sirsak merupakan buah yang paling banyak dijumpai di Negara beriklim tropis. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan buah ini juga terdapat di Negara yang memiliki iklim lain. Sirsak sendiri termasuk buah yang berasal dari kawasan Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Sehingga buah ini memiliki beberapa nama asing yang berlaku disetiap Negara. Nama Sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda “zuurzak” yang berarti kantung asam. Sedangkan untuk penyebutan sirsak sendiri setiap daerah di Indonesia memiliki sebutan tersendiri. Seperti halnya di Madura, sirsak sering disebut Nangka buris atau nangka englan. Untuk daerah Jawa, Sirsak disebut dengan Nangka Londo, sedangkan Bali menyebutnya Srikaya Jawa. Dari sebagian penyebutan tersebut menggunakan nama nangka, karena Sirsak merupakan satu ras dengan nangka, yakni berkulit duri dan isinya bergolong-golong dan berbiji banyak.  Sedangkan manfaat Sirsak antara lain meliputi:



1.       Mengobati Penyakit Kanker

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa dalam sirsak terdapat beberapa kandungan yang  mampu mengobati kanker secara alami. Khususnya bagian daun sirsak yang paling banyak kandungan yang berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Manfaat daun sirsak untuk mengobati kanker sangat diminati, karena caranya yang alami dan tidak menimbulkan efek samping seperti botak dan segala efek samping yang diakibatkan pengobatan kanker.



2.       Mengobati Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang sering melanda orang dewasa, namun tidak menutup kemungkinan anak muda juga terkena asam urat. Oleh karena itu, Daun sirsak bisa dijadikan obat alternative untuk mengobati penyakit ini. Cara pengobatan asam urat dengan daun sirsak pun sangatlah mudah. Hanya direbus dengan air mendidih, maka ramuan tanpa efek samping ini pun bisa disuguhkan.



3.       Mengobati Rematik

Pengobatan dengan daun sirsak untuk rematik juga sering menjadi pilihan. Namun biasanya daun sirsak untuk mengobati penyakit ini tidak melaui diminum, melainkan ditumbuk lalu ditenpelkan pada bagian yang sakit.



4.       Mengobati Sakit Pinggang

Sakit pinggang yang merupakan penyakit yang bisa saja mendera setiap orang khususnya yang memiliki kesibukan. Daun sirsak bisa digunakan sebagai salah satu bagian untuk membuat ramuan yang dipercaya mempu mengobati sakit pinggang.



5.       Mengobati Bayi Mencret

Untuk menanggulangi bayi mencret maka dilakukan pengobatan dengan menggunakan buah sirsak. Beberapa pembuktian menyebutkan bahwa air dari buah sirsak yang diremas mampu mengobati bayi mencret.



6.       Mengobati Liver

Jus sirsak dipercaya mampu mengobati penyakit liver. Untuk menanggulangi penyakit berbahaya ini, penderita harus berpuasa makan makanan lain. Cukup menggunakan jus sirsak setiap hari sebagai pengganti makanan.



7.       Mengobati Penyakit Kandung Seni

Buah sirsak yang setengah masak, dipercaya mampu mengobati penyakit kandung seni. Biasanya sirsak yang setengah masak tersebut dijadikan kolak sebagai pengobatan.


Selain beberapa penyakit tersebut, masih banyak kegunaan buah dan daun sirsak yang digunakan sebagai pengobatan. Namun, alangkah baiknya pengobatan dengan daun sirsak ini diikuti dengan kebiaaan hidup sehat. Seperti makan teratur, olah raga teratur serta makan makanan yang bergizi.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...