Khasiat dan manfaat kayu manis untuk kesehatan



Khasiat dan manfaat kayu manis untuk kesehatan - Kayu manis merupakan pohon kecil yang tumbuh di India, Sri Lanka, Indonesia, Brasil, Vietnam, dan Mesir. Kayu manis adalah salah satu rempah-rempah tertua. Untuk mempersiapkan supaya dapat digunakan, kulit pohon kayu manis dikeringkan dan digulung menjadi kayu manis. Kayu manis juga dapat dikeringkan dan digiling menjadi bubuk. Karakteristik rasa dan aroma kayu manis berasal dari suatu senyawa dalam minyak kulit kayu yang disebut cinnamonaldehyde.

Varietas paling populer yang sering dimanfaatkan adalah jenis kayu manis Ceylon dan Cassia kayu manis. Harga kayu manis Ceylon lebih mahal dan memiliki rasa manis, duri yang lembut dan dapat dengan mudah digiling dalam penggiling kopi. Kayu manis Cassia memiliki warna yang lebih gelap dan duri yang lebih keras.

Kayu manis biasa digunakan untuk membuat roti, kue, atau sebagai bumbu yang membuat rasa masakan lebih lezat. Aromanya membangkitkan rasa hangat dan mengingatkan kita pada kue apple pie atau toko roti yang menggugah selera.

Di samping rasa dan aromanya yang enak, kayu manis ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari mencegah diabetes, menurunkan kolesterol sampai menyeimbangkan hormon. Ini sejumlah khasiat kayu manis bagi kesehatan.

Berikut ini adalah manfaat kayu manis untuk kesehatan :

1. Mencegah penggumpalan darah
Cinnamaldehyde, minyak yang dihasilkan oleh kayu manis bisa mencegah darah untuk menggumpal. Kayu manis juga dapat mengeluarkan asam lemak anti-peradangan yang disebut arachidonic. Asam lemak ini kemudian mengurangi radang dan penggumpalan darah.

2. Anti bakteri
Minyak alami dari kayu manis juga bisa mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri pada tubuh. Karena kemampuan anti-bakteri dan mikroba ini, peneliti bahkan menjelaskan bahwa kayu manis bisa digunakan sebagai pengawet makanan tradisional yang alami.

3. Mengontrol  gula darah
Kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis juga menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes.

4. Meningkatkan fungsi otak
Mencium bau kayu manis diketahui bisa meningkatkan aktivitas otak. Whfoods.com juga menjelaskan bahwa bau kayu manis bisa meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu dalam hal berkonsentrasi, mengingat, kecepatan bekerja pada program komputer.

5. Menurunkan kolesterol
Kayu manis mengandung kalsium, serat, dan banyak mineral seperti mangan. Untuk itu, kayu manis sangat cocok untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung. Kayu manis juga bisa menurunkan kolesterol. Kalsium dan serat pada kayu manis juga membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus. Tak hanya itu, serat pada kayu manis juga bisa mengobati konstipasi atau diare.

6. Menyeimbangkan hormon pada wanita
Mengandung senyawa kimia alami cinnamaldehyde. Menurut sejumlah studi, zat ini bisa meningkatkan hormon progesteron dan menurunkan produksi testosteron pada wanita, sehingga membantu menyeimbangkan hormon.

7. Menghangatkan badan
Kayu manis biasanya digunakan pada pengobatan tradisional China pada orang yang terkena demam atau influenza. Hal ini karena kayu manis mengandung zat yang membuat tubuh lebih hangat dan nyaman.

Demikian semoga bermanfaat … www.awanputih43.blogspot.com


1 komentar:

Teteh Reny ikuti ya mengatakan...

iya manfaat sekali informasinya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...